Minggu, 28 Oktober 2012

Arti Sumpah Pemuda

Diposting oleh Dinda Ayu Wulan di 05.06

Tanggal 28 oktober. Kita pemuda indonesia jelas wajib mengingatnya dan hendaknya memperingati hari sumpah pemuda di mana pada hari tersebut biasanya bangsa indonesia memperingatinya dengan upacara hari sumpah pemuda dan kegiatan lainya, seperti kirab remaja nasional, perlombaan-perlombaan olahraga dan seremonial lainya. Apakah hanya cukup disitukah kita memaknai sumpah pemuda? hanya sebatas seremoni-seremoni dan hiburan yang maknanya kadang tidak membekas dihati para remaja dan pemuda itu sendiri, lalu apa sih makna sumpah pemuda bagi para remaja, para pemuda dan bagi rakyat indonesia umumnya? apakah hanya sekedar upacara di sekolah-sekolah dan di instansi pemerintah.


Dalam postingan ini, kita tidak akan membahas sejarah sumpah pemuda karena saya yakin kalian pasti sudah pernah mempelajari sejarah lahirnya sumpah pemuda. Tetapi, bagaimana dengan makna sumpah pemuda?! Sudahkah kita mengamalkan ikrar pemuda tersebut. Nah postingan kali ini, akan sedikit membahas tentang makna sumpah pemuda bagi kita yang terasa saat ini oleh kita masing-masing.
Makna sumpah pemuda bagi saya dan bagi kehidupan saya pribadi, sungguh amat terasa manfaatnya terutama karena bahasa yang satu yaitu bahasa indonesia. Bisa kita bayangkan seandainya kita tidak mempunyai bahasa persatuan itu. Saat ada seseorang yang menikahi pasangannya yang bahasanya berbeda dengan bahasa kita, betapa repotnya jika seandainya harus belajar bahasa pasangan nya masing-masing sekedar untuk menikah, lalu bagaimana dengan bahasa yang akan digunakan terhadap anak-anak nantinya? itulah salah satu manfaat dan makna sumpah pemuda bagi saya terutama dan bagi bangsa indonesia pada umumnya.
Dan kalian para remaja pasti pernah pacaran dan belum tentu kalau pacaran kita selalu dengan orang satu daerah yang berbahasa sama dengan kita, coba bayangkan seandainya para pendahulu kita tidak mengikrarkan bahasa indonesia sebagai bahas persatuan, betapa repotnya remaja bersuku sunda jika jatuh cinta kepada orang lampung. bisa kita bayangkan betapa repotnya harus bercinta pake bahas isyarat.
Masih banyak manfaat dan arti penting sumpah pemuda bagi kita dan kalau mesti ditulis di posting ini pasti bakal kepanjangan dan belum tentu menarik buat di baca, oleh karena itu saya hanya akan membatasi tulisan ini sebatas manfaat yg benar-benar terasa oleh saya pribadi, dan alangkah baiknya jika kita menuliskan arti sumpah pemuda bagi pribadi kita masing-masing sehingga kita akan tahu dan tukar pengalaman berbagi cerita atau kalau kebetulan ada yg bekunjung ke blog ini mohon ya untuk memberikan komentarnya  tentang arti sumpah pemuda bagi teman-teman sekalian. Oke?!

Dan marilah kita bersama-sama berikrar:
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

And Finally, Ayo kita berpartsipasi aktif sesuai bidang kita masing-masing untuk indonesia yang makmur, sejahtera, adil dan bersih…..

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Start Your Brand New Day! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea